RSS

Pariaman Sumbar Canangkan Kota Bebas Buta Al-Quran

04 Jan

04-01-2013 12-50-32

dakwatuna.comPariaman. Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman mencanangkan daerahnya sebagai kota bebas buta aksara Al-Quran pada puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama, Kamis.

Mukhlis Rahman mengatakan tema peringatan HAB Ke-67 Kemnag tahun 2013 yakni meningkatkan kinerja Kemnag dengan profesionalitas dan integritas menegaskan bahwa instansi itu mempunyai peran penting dalam merajut persatuan dan kesatuan Bangsa termasuk membebaskan masyarakat dari buta baca tulis Al Quran.

“Untuk meminimalisasi buta aksara Al Quran di Pariaman, pemerintah akan terus bekerja sama dan bersinergi dengan Kemnag dalam melakukan berbagai bentuk program pembinaan masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, Pemkot Pariaman selalu mendukung dan bersinergi dengan Kemnag dalam rangka membangun bidang keagamaan, mewujudkan masyarakat Pariaman yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Salah satu dukungan itu sudah diwujudkan oleh pemkot dengan pemberian bantuan insentif kepada seluruh guru MDA/TPSA se-Kota Pariaman.

Selain itu, tambah dia, salah satu bentuk program yang dilakukan Kemnag bersama pemkot adalah dengan menyerahkan bantuan kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), honorarium untuk 89 orang penyuluh agama, bantuan beasiswa dari Kemnag Kota Pariaman dan bantuan kursi roda untuk penyandang cacat dari Kementerian Sosial RI.

“Kami juga meminta segenap jajaran Kemnag untuk membuka kembali sejarah dan menggali pimikiran-pemikiran besar para tokoh Kemnag serta mengkaji perubahan masyarakat yang terjadi secara cepat, dalam rangka memberi bobot dan makna terhadap peran aktual Kemenag di tengah kehidupan masyarakat,” ujar dia.

Dalam memperingati HAB, Kemnag juga memberikan bantuan di antaranya beasiswa siswa miskin kepada Madrasah Aliyah sebesar Rp175 juta, MTs sebesar Rp135,75 juta, Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebesar Rp86,85 juta dan juga penyerahan bantuan baju seragam sekolah untuk Panti Asuhan se-Kota Pariaman.

Disamping itu, juga diserahkan bantuan tiga kursi roda untuk warga Kota Pariaman penyandang cacat. Bantuan yang berasal dari Kementerian Sosial RI ini diberikan kepada Yulia Ermadeni warga Desa Marunggi, Dahratul Putri warga Desa Balai Naras dan Ramli warga Desa Cubadak Air. (KR-HMR/R014/Ruslan Burhani/Ant)

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 4, 2013 in Islam

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 244 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: