RSS

Serial Pertama Komik Nabi Diluncurkan

02 Jan

02-01-2013 9-54-20

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS — Serial pertama komik biografi Nabi Muhammad SAW telah tersedia di situs Charlie Hebdo. Majalah satir asal Prancis itu mengklaim isi komik dijamin ‘halal’ karena ditulis berdasarkan tulisan ilmuwan dan sejarawan Muslim tentang kehidupan Nabi Muhammad.

Seperti tertulis dalam situsnya charliehebdo.fr, serial pertama sudah tersedia dengan judul ‘Kehidupan Nabi – Bagian Pertama – Awal dari Nabi’. Covernya gambar seseorang sedang menuntun seekor onta di padang pasir.

Dalam kata pengantarnya, Charlie Hebdo memulai dengan sebuah pertanyaan siapakah Muhammad.

‘’Siapakah Muhammad? Untuk semua orang. Dia tentu saja adalah nabi umat Muslim. Tetapi bagi orang lain, dia adalah tokoh sejarah atau bahkan sebuah legenda. Karikatur Muhammad seperti kita karikatur Yesus, Napoleon atau Zorro,’’ tulis Charlie Hebdo dalam kata pengantarnya.

Charlie Hebdo akhirnya menutup kata pengantarnya dengan sebuah kesimpulan bahwa isi komiknya ‘halal’. Karena, mereka mengklaim isi ceritanya didasarkan pada tulisan tentang kehidupan Nabi Muhammad yang ditulis oleh sejarawan dan ilmuwan Muslim.

‘’Kami menempatkan gambaran kehidupan Muhammad yang diceritakan umat Muslim. Tidak ada humor ditambahkan. Jika bentuk tampaknya menghujat, latar belakang sempurna halal…’’

Rencana penerbitan komik sempat menimbulkan kekhawatiran. Karena, Charlie Hebdo selama ini suka menerbitkan gambar kartun satir yang diasosiasikan sebagai Nabi.

Redaktur: Didi Purwadi

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 2, 2013 in Serba-Serbi

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: