RSS

Majalah Prancis Terbitkan Kartun Nabi, OKI Mengutuk (Lagi)

04 Jan

ihsanoglu

ARAB SAUDI, muslimdaily.net, – Organisasi Muslim terbesar di dunia telah mengutuk penerbitan biografi komik Nabi Muhammad SAW oleh sebuah majalah satir Prancis.

“Hasutan dan pembelaan dari kebencian dan intoleransi atas dasar agama ditandai dengan publikasi ini adalah bertentangan dengan hukum internasional dan instrumen hak asasi manusia,” kata Ekmeleddin Ihsanoglu, Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI), dalam sebuah pernyataan yang dilansir onislam.net, Kamis 3 Januari.

Dia mengatakan penerbitan biografi komik Nabi itu bertentangan dengan norma-norma dari “jurnalisme yang bertanggung jawab” dan sama saja dengan penyalahgunaan hak untuk kebebasan berekspresi.

Majalah satir Prancis, Charlie Hebdo, telah mempublikasikan komik tentang kehidupan Nabi Muhammad pada hari Rabu 2 Januari lalu dengan judul ‘La Vie de Mahomet’ atau ‘Kehidupan Mohammad’.

Pimpinan organisasi yang terdiri dari 57 negara anggota tersebut mengimbau agar umat Islam di seluruh dunia untuk menahan diri dalam menghadapi provokasi ini. Dia juga mendesak pihak berwenang Prancis untuk mengambil tindakan yang tepat terhadap mingguan ini.

Pada September lalu, Charlie Hebdo menerbitkan kartun dari Mohammed tanpa pakaian sebagai protes terhadap aksi umat Islam yang menentang film menghina Nabi Muhammad, ‘Innocent of Muslim’.

Sebelum Charlie Hebdo yang suka menerbitkan kartun provokasi terhadap Islam, dunia juga sempat dibuat heboh dengan penerbitan kartun Nabi oleh koran Denmark. Koran Denmark Jyllands-Posten pada akhir tahun 2005 memicu kemarahan di seluruh dunia Muslim dengan menerbitkan kartun yang dianggap sebagai Nabi Muhammad yang mengenakan surban dengan bom di atasnya. [rah]

ket gambar: Ekmeleddin Ihsanoglu, Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 4, 2013 in Internasional

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: