RSS

Seafood Bisa Sembuhkan Gigi Sensitif?

05 Jan

05-01-2013 11-49-04

REPUBLIKA.CO.ID, Lem alami yang digunakan kerang untuk menempel di bebatuan diklaim dapat menjadi alternatif menyembuhkan gigi sensitif.

Sekresi lengket makhluk laut tersebut telah mengilhami para ilmuwan untuk membuat senyawa serupa untuk memperbaiki gigi yang rusak.

Dikutip dari Daily Mail, Sabtu (5/1), tiga dari empat orang memiliki gigi sensitif terhadap panas, dingin, makanan manis atau asam. Kondisi ini terjadi akibat lapisan enamel luar dan dentin lembut di dalam gigi mengalami kerusakan dan merangsang saraf di dalamnya.

Permen sugar free dan pasta gigi tertentu diklaim dapat mengurangi rasa ngilu yang diakibatkannya. Namun keduanya tidak benar-benar menyembuhkan gigi sensitif.

Peneliti dari China Anhui Medical University Quan-Li Li tengah mencari suatu zat yang dapat mengembalikan baik enamel maupun dentin pada saat yang sama.

Mereka terinspirasi dari lem yang dikeluarkan kerang untuk menempel di bebatuan. Mereka menciptakan bahan dari polidopamine yang dicampur dengan kalsium dan fosfat.

Terobosan datang setelah penelitian tahun lalu yang menunjukkan gigi manusia sama kuatnya dengan gigi hiu. Penelitian ini dapat membantu desain gigi palsu yang kuat.

Para ilmuwan membuat penemuan yang mengejutkan setelah membandingkan struktur mikro gigi manusia dan hiu. Gigi hiu memiliki interior dentin yang elastis dan lapisan luar enamel yang keras. Sedangkan manusia memiliki enamel yang jauh lebih lembut.

Penemuan ini akan membantu peneliti untuk membuat desain gigi palsu yang lebih kuat dari hari ini. “Seseorang akan bisa mendapatkan gigi palsu yang terbuat dari bahan alami dan lebih kuat,” ujar peneliti dari University of Duisburg-Essen, Matthias Epple, di Jerman.

Redaktur: Setyanadivita Livikacansera
Reporter: Friska Yolandha

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 5, 2013 in Gaya Hidup

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: