RSS

Para Juragan Teknologi Awal Tahun Ini Makin Kaya

07 Jan

Beberapa dari mereka juga merogoh ratusan juta dolar untuk amal
07-01-2013 11-40-11

VIVAnews – Meningkatnya perkembangan teknologi di dunia membawa para pengusaha teknologi semakin kaya. Berdasarkan nilai aset mereka yang dihimpun pada 2012, kekayaan para orang penting di perusahaan teknologi dunia kini mengalami kenaikan, meski beberapa dari mereka sering memberikan donasi hingga ratusan juga dollar AS untuk kepentingan amal.

Dilansir dari laman Cnet, Index Billionaires yang dikeluarkan Bloomberg mencatat kekayaan chairman Microsoft, Bill Gates, naik 1,1 persen pada tahun 2012. Total kekayaan Gates mencapai US$ 63,1 milliar. Padahal pendiri Microsoft ini gemar menyumbangkan uangnya untuk kepentingan amal.

Dengan jumlah kekayaan tersebut, ia menjadi orang terkaya dalam kategori pengusaha teknologi. Dalam daftar orang terkaya di dunia versi Index Billionaires Bloomberg, Gates masih di bawah orang terkaya di dunia ditempati, Carlos Slim Helú, pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Móvil, dengan kekayaan US$ 76,9 milliar.

Kekayaan taipan teknologi lain seperti CEO Oracle, Larry Ellison, juga naik 3,6 persen pada tahun lalu. Hartanya mencapai US$ 40,7 milliar. Kekayaan Ellison sebagian besar berasal dari saham 23,5 persen di Oracle. Meski ia juga memiliki saham 49 persen dari perusahaan perangkat lunak, Netsuite.

CEO Amazon, Jeff Bezos, menempati urutan ke 20 orang terkaya dunia dengan kekayaan bersih sebesar US$ 24,1 milliar, ia mendapatkan keuntungan 2,4 persen dari tahun lalu.

Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, secara berurutan menempati peringkat 25 dan 26, dengan jumlah kekayaan masing-masing US$ 21,8 miliar dan US$ 21,6 milliar. Kekayaan keduanya naik 1,9 persen dari tahun lalu.

Taipan teknologi asal Asia juga tak ketinggalan. Azim Premji, pemilik perusahaan teknologi informasi India, Wipro juga termasuk kategori orang yang semakin kaya. Total hartanya mencapai US$ 15,8 miliar.

Pendiri Microsoft lainnya, Paul Allen, juga nangkring dalam daftar orang yang semakin kaya, dengan nilai kekayaan US$ 14,4 milliar. Sementara CEO Microsoft Steve Ballmer mempunyai kekayaan US$ 14,2 milliar, disusul CEO Dell, Michael Dell dengan kekayaan US$ 13,3 milliar.

Pundi-pundi kekayaan pembesut Facebook, Mark Zuckerberg juga semakin bertambah, yang naik 5,1 persen dari tahun lalu menjadi US$ 12,9 milliar. Padahal kinerja saham Facebook pasca go public tercatat melemah.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 7, 2013 in Teknologi

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: