RSS

Fujitsu Kembangkan Kamera Pendeteksi Detak Jantung

19 Mar

fujitsu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Fujitsu Laboratories Limited menciptakan kamera terintegrasi di komputer personal, tablet, dan ponsel pintar yang mampu mendeteksi detak jantung.

Kamera itu, seperti disebut Fujitsu dalam situs resminya, mengukur variasi kecerahan wajah seseorang dari cahaya hijau yang terserap akibat kandungan dan sebaran hemoglobin saat darah mengalir ke wajah. Basisnya, hemogolobin di dalam darah mampu menyerap warna hijau yang dipancarkan.

“(Teknologi) itu tidak membutuhkan piranti keras khusus dan dapat mengukur rata-rata detak jantung dengan hanya mengarahkan kamera pada wajah seseorang selama lima detik,” sebut Fujitsu, dari Kawasaki, Jepang, Senin (18/3).

Ketika kamera merekam video wajah seseorang, teknologi pada kamera itu mengukur komponen warna merah, hijau, dan biru pada beberapa area wajah di setiap frame gambar.

Kamera itu juga mampu memilih secara otomatis kapan saat yang tepat untuk mengukur detak jantung pada wajah sehingga mendapatkan data yang relevan.

“Data detak jantung itu, yang dipengaruhi gerakan tubuh atau wajah secara otomatis akan dihapus. Misalnya, ketika kepala sesorang menghadap samping sembari menelpon atau berdiri dari kursi akan terdeteksi dan dihapus,” sebut Fujitsu.

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : Antara

STMIK Pringsewu – LAMPUNG

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 19, 2013 in Teknologi

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: