RSS

Pelantikan Anggota PPS Se-Kecamatan Sukoharjo

01 Apr

BANNER PELANTIKAN PPS
DSCN4415

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu – Lampung Nur Aminudin, M.T.I melantik dan mengambil sumpah janji Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kecamatan Sukoharjo mewakili Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu, didampingi oleh rohaniwan.

Pelantikan anggota PPS ini berlangsung di Balai Pekon Waringinsari Barat, Sabtu (30/3). Anggota PPS yang dilantik disiapkan untuk menghadapi pemilu DPR/DPD/DPRD tahun 2014 mendatang.

Kegiatan tersebut diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan pembacaan surat keputusan KPU tentang Penetapan Anggota PPS di 16 Pekon di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu – Lampung.

Kita selaku Penyelenggara Wajib melaksanakan seluruh tahapan pemilu DPR/DPR/DPRD tahun 2014 mendatang untuk pemungutan suara hingga rekapitulasi.

DSCN4417

Nur Aminudin, M.T.I mengatakan, Pemilihan umum (Pemilu) merupakan program pemerintah setiap lima tahun sekali dilaksanakan di seluruh wilayah Negara kita. Pemilu merupakan implementasi dari salah satu ciri demokrasi dimana rakyat secara langsung dilibatkan, diikutsertakan didalam menentukan arah dan kebijakan politik Negara untuk lima tahun kedepan.

Dalam penyelenggaraan Pemilu peran serta masyarakat merupakan salah satu ukuran keberhasilan Pemilu, salah satu tolok ukur untuk melihat tingkat keterlibatan masyarakat dalam Pemilu adalah dengan melihat tingkat kehadiran pemilih di TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada hari H pemungutan suara.

Dalam Pemilu baik Pileg, Pilpres, maupun Pilkada peran serta keikutsertaan masyarakat sangat penting, karena sukses tidaknya pelaksanaan Pemilu salah satunya adalah ditentukan bagaimana partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tersebut.

Partisipasi merupakan proses aktif dan inisiatif yang muncul dari masyarakat dalam suatu kegiatan. Partisipasi ini akan terwujud dalam kegiatan nyata apabila terpenuhi oleh tiga faktor pendukung, (1) Adanya Kemampuan, (2). Adanya Kemampuan, dan (3).adanya kesempatan.

Sementara dari KPU Kabupaten Pringsewu – Lampung dalam sambutannya mengatakan untuk mendorong peningkatan peran serta masyarakat dalam Pemilu tersebut diperlukan strategi yang dapat dipakai oleh pihak terkait, “pihak-pihak yang diharapkan dapat mengambil peran dalam upaya peningkatan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu antara lain seluruh jajaran staf Sekretariat KPU Pringsewu, dan seluruh stake holder penyelenggara pendidikan pemilih dan sosialisasi pemilu diluar penyelenggara Pemilu seperti Perguruan Tinggi, Aktivis Mahasiswa, LSM, Ormas, Media Massa”.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 1, 2013 in Pemilu

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: